Sabtu, 22 Agustus 2015

Trip To Bali

Ini kedua kalinya aku ke Bali, dan masih dalam rangka bertugas. Kali ini adalah gathering ketiga yang aku alamin di kantor. But, what’s so special buat event tanggal 20-22 September 2014 ini adalah, tiga bulan kepanitiaan di bawah kepemimpinanku. Bersama 20 teman-teman lainnya, aku belajar menjadi Event Organizer sekaligus Tour & Travel Agent, dengan segala suka-duka, keberhasilan dan kegagalannya.
Let’s just forget about the memories of the preparation, soalnya segala hal di dalamnya bakal jadi rahasia kami, dan tidak aku share disini. Mari kita bahas itinerary selama tiga hari itu saja. Hehe...
Dibantu oleh tim dari Keniya Tour, kami Divisi Geoscience PT. Elnusa Tbk mengadakan employee gathering di Bali selama 3H2M. Berikut hal-hal yang kami lakukan.

Day 1

Setelah 2 kloter pesawat yang berisi 157 peserta dan 8 tour guide, pukul 11 kami menuju Garuda Wisnu Kencana, untuk sebelumnya menyantap makan siang di sekitar kawasan wisata tersebut. Sekitar 1,5 jam setelah itu, kami mengadakan photo group session di depan patung Wisnu. Boleh juga bagi yang mau jalan-jalan dan foto-foto di patung Garuda-nya. Entah kapan ya cita-cita satu paket Garuda Wisnu Kencana ini bakal berdiri utuh. Sepulang dari GWK, kami menuju kawasan Pantai Pandawa, dan sebelumnya melakukan ibadah shalat di Mesjid terdekat pantai tersebut.
Objek berikutnya adalah Pantai Pandawa, yang kabarnya masih belum banyak terjamah oleh wisatawan. Melewati pantai tersebut, kita akan disambut oleh patung-patung para Pandawa seperti Arjuna, Bima, Nakula, Sadewa, Dropadi, dll. Menikmati pemandangan pantai dan foto-foto, selain itu kita juga bisa menyewa boat untuk menuju agak sedikit jauh dari pantai.
Setelah dari Pandawa, kami menuju kawasan Uluwatu, berfoto sebentar di pinggir bukit dengan view tebing dan laut yang indah sekali. Hanya sebentar, harus hati-hati sama monyet-monyet agresif yang ada disana.

Foto-foto di Garuda Wisnu Kencana dan Uluwatu

Malam harinya, kami makan malam di kawasan Jimbaran. Menikmati dinner sambil sunset, plus disuguhi pertunjukan Tari Pendet itu sesuatu banget. Walaupun kami ga begitu puas dengan makanannya, setidaknya beramai-ramai menikmati suasana ini lumayan berkesan. Setelah usai makan malam, kami pun menuju Swiss-Belhotel International untuk segera check-in dan istirahat di kamar. Malamnya adalah acara bebas, mumpung lokasi hotel yang dekat dengan kawasan Legian dan Kuta, banyak dari teman-teman yang jalan-jalan ke sekitar daerah tersebut untuk menikmati suasana malam di Bali.

Foto-foto di Pantai Pandawa dan Jimbaran

Day 2

Hari kedua usai sarapan di hotel, kami menuju kawasan wisata Bedugul atau Ulundanu, pura yang sering kita lihat gambarnya di pecahan uang tunai 50.000. Disini kami juga mengadakan photo group session, kemudian selanjutnya makan siang di Restoran Mentari Bedugul.

Foto-foto di Bedugul / Ulundanu

Suasana di Restoran Mentari

Sepulang makan siang, the show still must go on. Kami melanjutkan itinerary belanja ke Joger Baturiti, kemudian ke Krisna. Lumayan untuk gathering kali ini, setiap peserta mendapatkan voucher belanja Rp. 150.000 untuk belanja di Krisna.

Suasana di Pusat Perbelanjaan Joger dan Krisna

Puas belanja hingga sore hari, malam harinya kami mengadakan gala dinner untuk ramah tamah antar peserta gathering. Dimulai dengan kata sambutan dari ketua panitia yang aku kemas dalam bentuk puisi selamat datang, kemudian sajian lagu yang manis dari salah satu peserta gathering, dilanjutkan dengan laporan dari Ketua Divisi kami, dan langsung dilanjutkan dengan acara kuis dan doorprize, diakhiri dengan foto bersama.

Suasana Gala Dinner di Hotel

Kira-kira begini isi pusinya :
Selamat datang.
Langit ini temaram, menyatu dengan syahdunya bintang
Menjadi saksi, sebuah pertemuan yang hendaknya indah untuk dikenang
Kita disini, mendambakan sebuah harapan dan kebersamaan

Bagaikan terhubung oleh seuntai benang merah
Takdir mempertemukan kita, memaksa kita bersama, lalu menyambung ikatan antara kita
Bagaikan batu-batu yang saling menopang
Saling bersandar, agar tidak ada yang jatuh, ataupun saling menjatuhkan

Tiga hari dua malam
Desiran ombak di pantai Bali akan terngiang merdu di telinga
Sepatah canda dan tawa dari teman yang lain, akan terkenang selamanya

Dalam kebersamaan ini, kutitipkan secarik doa
Tuhan, iringilah kebersamaan kami dengan suka dan bahagia
Tuntunlah masa depan kami dalam harap dan cita
Dari kita, untuk kita, dan untuk semuanya

Bali, 21 September 2014

Day 3
Pagi ini setelah sarapan, peserta diperbolehkan untuk acara sendiri. Awalnya direncanakan untuk pembagian tim menuju Pantai Kuta atau Tanjung Benoa. Namun karena hal (off the record) yang tidak bisa saya share disini, acara pagi ini diganti menjadi acara bebas. Ada teman-teman yang berjemur di Pantai Kuta, ada yang lanjut belanja lagi di sekitar Kuta-Legian, ada yang cuma tidur-tiduran dan beberes di kamar, dll. Setelah semua kembali ke hotel untuk check-out dari jam 11, kami kemudian makan siang di Kuta Plaza. Selesai makan siang, barulah kami menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai dan kembali ke Jakarta.

Foto-foto Acara Bebas, beberapa teman berkunjung di Pantai Kuta
Untuk trip kali ini, mungkin ga begitu banyak yang bisa diceritakan, namun lumayan menambah pengalamanku sendiri baik dari segi jalan-jalannya, maupun tantangan hidup yang aku rasakan sebagai karyawan, teman, dan juga sebagai pemimpin sebuah tim. Semoga ke depannya bisa menjadi kenangan, pembelajaran dan batu loncatan untukku nanti. Amin. Dan dalam tiga bulan kerikil terbesar selama aku di Elnusa ini, akan ada empat pria yang bakal aku ingat selamanya, atas segala bantuan dan terima kasih udah jadi support dan penasehat, serta rekan yang super. Mas Jateg. Mas Roy. Aan. Mas Ilham.
 Teman-teman panitia, terima kasih ya semuanya..