Selasa, 01 Juli 2014

Trip To West Sumatera

Udah lama banget ga posting tentang jalan2. Maklum ga ada sinyal, haha.... Jadi ceritanya, 14-16 Januari 2013 aku liburan ke kampung halaman ama 2 temen geng waktu kuliah, yaitu Astrid n Rizka. Ceritanya kita dapet tiket promo Tiger 60ribu PP Jakarta-Padang (muree bingits).

Nih rute perjalanan kami seperti gambar di samping :
A. Bukittinggi
B. Payakumbuh
C. Painan

Nah, ini nih sedikit cerita perjalanan kami. Dimulai dari dijemput Mama Rizka di Bandara Internasional Minangkabau di Ketaping, Kabupaten Pariaman, kami langsung menikmati sarapan pagi Lontong Gulai Paku di RM. Puncak Kiambang di Pariaman.

Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke rumah Rizka di Bukittinggi, jalan-jalan di Jam Gadang, Ngarai Sianok, dan Lobang Jepang sambil menikmati Kerupuk Kuah dan Pisang Kapik. Sayangnya saat itu "Tembok Cina" di Ngarai Sianok belum rilis.

Kami paling lama menghabiskan waktu di Lobang Jepang. Gua artifisial milik Jepang itu cukup menyita tenaga untuk mengitarinya. Kemudian kami lanjutkan belanja pakaian khas Bukittinggi. Lumayan buat ponakan, hehe..

Setelah selesai perjalanan, kami pulang kembali untuk menginap di rumah Rizka dan menikmati Martabak Mesir (yang menurut aku belum ada tandingannya di tanah Jawa, haha..)

Keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan ke Payakumbuh. Sebelumnya mampir dulu di rumah kakak iparku, tapi cuma sebentar. Lalu kami berwisata ke Ngalau Indah, gua alami yang masih banyak stalaktit stalagmit (astaga bener kah ini namanya? wkwk...). Setelah itu kami lanjut berwisata ke Lembah Arau (sorry lupa fotonya, hehe..)

Dari Payakumbuh, kami melanjutkan perjalanan ke Batusangkar, menghampiri Istana Pagaruyung yang terkenal itu, dan lanjut ke Batu Angkek2, batu mistis yang cukup terkenal. Batu ini konon, jika kita bisa mengangkatnya setelah kita mengajukan sebuah pertanyaan, itu artinya jawaban pertanyaan kita adalah "Ya". Dan... aku tidak berhasil mengangkatnya. Yah, saat itu pertanyaannya memang cukup berat dan kebetulan terbukti benar. Wkwk....

Malam kedua, Astrid menginap di rumahku di Padang, sementara Rizka menginap di kos mamanya di Padang. Malam itu sempat ke Pantai Padang dengan Astrid, tapi sebentar saja karena lumayan capek juga.

Besoknya, adalah hari terakhir wisata kami. Kami berangkat ke Painan, menikmati indahnya Pantai Carocok. FYI, Padang-Painan sekitar 3 jam, sama saja dengan ke Bukitttinggi. Perjalanan cukup berbelok2, tapi akhirnya sampai juga ke pantai yang indah itu. Tak disangka di kampung halamanku, Sumatera Barat, ada pantai yang indah seperti ini. Menikmati pemandangan sebentar, kami lanjut ke Bukit Lengkisau untuk melihat Pantai Carocok dan lautannya dari atas. Keindahannya tak bisa lagi dibendung dengan kata-kata. Melepas lelah sejenak, makan siang di Bukit Lengkisau, kami langsung menuju Jembatan Akar, jembatan yang secara natural dibentuk oleh akar2 pohon, yang juga berada di Painan ke arah Pesisir Selatan. Di perjalanan, kami bisa melihat Air Terjun Bayangsani sebelum Jembatan Akar tersebut.

Agenda yang padat ya? Malamnya kami pulang ke Jakarta. Lumayan bisa memperkenalkan Astrid dengan wisata2 hebat di kampung halamanku dan Rizka. Tapiii ini masih belum semuanya. Masih banyak tempat2 di Sumatera Barat yang indah dan bahkan belum aku kunjungi.